Tanyakan saja kepada kelompok “awam” atau anak kecil …
Ini adalah cara menguji sebuah produk atau benda paling mudah. Bila produk tersebut dikenal oleh kalangan “awam” atau non enthusiast, artinya produk tersebtu sangat terkenal atau mudah dikenali. Ambil contoh tentang “motor paling keren” dan kita tanyakan pada anak kecil dibawah 10 tahun. Maka anak kecil tersebut sontak akan memilih motor “ber fairing” tak peduli itu Ninja 250R, CBR250R ketibang Kwak Z1000 atau CB1000F. Begitu juga dengan motor naked 150cc. Mbah mengambil sampling antara Honda NMP vs Byson. Yang menjadi subjek adalah teman teman mbah para “hade’ers” yang rata rata nggak peduli dengan motor kecil. Selama nongkrong di Starbucks kurang lebih 2 jam-an mereka mbah minta tolong untuk ngasi tau mbah kalo ada NMP atau Byson lewat. Hasilnya ? Mereka cuma bilang “noh Byson” … “noh Byson” … “noh Byson” tanpa sekalipun menyebutkan “noh NMP” sama mbah! Meski nggak didata secara rinci tapi mbah menyimpulkan bahwa kalangan non enthusiast cukup “aware dengan keberadaan Byson” meski tidak serta merta menyukainya.
Desain Byson yang “berbeda” lebih mudah di spot …Hal yang sama juga mbah lakukan dengan teman teman cafe racer. Meski yang mbah tanyakan, lebih suka mana – Byson atau NMP. Jawabnya jelas, dari 13 orang 12 orang menjawab suka dengan “Byson” dan sisa satu orang lagi nggak ngejawab karena memang agak tuli dan alat bantu dengarnya batrenya habis Kenapa mereka suka dengan Byson, nah ini cukup beragam, meski sebagian besar mereka suka karena Desainya mirip dengan FZ8. Tetapi jawaban lainya adalah karena desain Headlam dan tangki serta mesin yang “penuh” … perihal kenapa Byson TKO vs NMP yah itu lain soal. Karena mbah cuma mau bahas tentang penampilan dan Desain Byson.
0 komentar:
Posting Komentar